Day 11 #30DayWritingChallenge

 What is the biggest lesson you learned till now?


Mungkin kalo diceritain bakalan banyak yang nyakitin *soundeffect mungkin takut perubahan - lomba sihir.

Tulisan ini di temani lagu lomba sihir dan gue awali dengan menanyakan hal-hal seperti ini ke diri sendiri seperti, apakah gue bakalan sukses dimasa depan? apakah gue bisa membahagiakan orang tua gue? apakah gue bisa beliin rumah buat orang tua gue? tujuan gue hidup apa sih?. Ya itulah yang terjadi sampai sekarang, perasaan khawatir akan masa depan.

Lalu, apa saja yang gue pelajari di hidup ini?

Banyak. Tapi salah satu pelajaran yang paling besar sampai sekarang ialah cara gue untuk berdamai dengan pikiran sendiri. Ada banyak hal-hal yang membuat jengkel di hidup ini, tapi gue udah ga peduli lagi soalnya epictetus pernah berkata "some things are up to us, some things are not up to us" kalau di translate ke bahasa indonesia bisa cari saja di google sendiri jangan manja hehe.

Setelah membaca buku filosofi teras, pemikiran gue pun terbuka lebar, ooooo jadi gini cara mengendalikan emosi dengan benar. contohnya nih ada seseorang yang menghina yang lain, biasanya orang yang dihina juga bakalan ngehina balik kan? nah cara stoic gagitu, epictetus berkata "kamu tidak bisa dihina orang lain, kecuali kamu sendiri yang pertama-pertama menghina dirimu sendiri" (enchiridon).Nah udah jelas kan maksudnya? jelas dong, yang gajelas kan perasaan dia ke lu,becanda.

Masih banyak yang bisa dibahas di topik ini,tapi cukup sampai disini saja kalo rame lanjut part 2. 

That’s the biggest lesson I’ve learned. To live in peace and be free from negative emotions.



Komentar

Postingan Populer