Day 27 #30DayWritingChallenge

 Favourite quote

"human behaviour flows from three main sources : desire,emotion and knowledge"

                                                                                                                    -Plato.

Salah satu quote yang sangat gue sukai, dimana Plato mengatakan bahwa ; Perilaku manusia berasal dari tiga sumber utama: keinginan, emosi, dan pengetahuan.

Seperti contoh pengetahuan yang gue punya saat ini, dimana dengan pengetahuan sedikit ini gue seolah-olah pinter dari teman gue yang lain, gue sering meremehkan dan mematahkan argumen temen yang lagi berdebat sama gue, karena menurut gue, gue lebih mengetahui apa saja isi dari topik yang dibahas atau gue sering banget melakukan pembuktian bahwa dia itu salah. Ya, itu salah satu contoh dari perilaku yang sekarang gue lakuin, karena pengetahuan yang gue dapatkan sekarang hanya membuat gue egois dan tidak mengajarkan untuk bijak.

Contoh lain, Gue suka berdebat tentang apapun, ketika berdebat rasanya sangat menyenangkan. Akan tetapi gue selalu merasa emosi karena ketika gue memberikan fakta-fakta tentang sesuatu yang diperdebatkan itu, lawan debat gue juga bersikukuh tentang pendapatnya. Nah, disitulah letak kelemahan gue, gue bakalan ngegas, walaupun gue memberikan argumen dengan fakta, belum tentu lawan debat mau menerimanya.

Ya, itulah gambaran perilaku gue saat ini. Karena keinginan gue yang gamau kalah, emosi yang masih labil dan juga pengetahuan yang masih sedikit. Mempengaruhi cara gue bertindak, berperilaku, dan berinteraksi dengan lingkungan.

Sedikit kata-kata dari bang Ferry Irwandy : "Seiring ilmu pengetahuan bertambah seharusnya yang tumbuh itu kebijaksanaan kita bukan ego kita. Memang enak menggurui orang, memang enak mematahi orang, memang enak melakukan pembuktian atas kesalahan orang lain atau ketidakpahaman orang lain atas sesuatu, tapi sampai kapan? dan tidak ada yang menjamin kalau kita tidak akan berada di posisi yang sama".

Untuk diri gue sekarang, semoga menjadi orang yang bijaksana kedepannya.

Be wise and see.


Komentar

Postingan Populer