Day 29 #30DayWritingChallenge

How have you changed in the past 2 years? 

2021 dimana gue sebagai lulusan covid yang saat itu lagi hobi-hobi-nya bermain sosial media dan game sampai lupa waktu. Dimanapun pasti main sosmed, karena gue pikir pada saat itu, ga ada juga hal produktif yang bisa dilakuin, kan covid. Ya, memang begitulah perspektif siswa yang belajar dirumah dan lulus dari sekolah tapi ga ada pesta kelulusannya. 

2 tahun kebelakang ini sudah banyak yang berubah dari gue, mungkin gue akan jabarkan sedikit yang gue rasain kali ya. Letsgo.

Yang terasa pertama ialah sudah lebih Bijak memilih sesuatu untuk kehidupan gue sekarang. Misalnya nih, 2 tahun lalu gue gapernah kepikiran bahwa main game sampai lupa waktu itu gabaik buat gue, ya sekarang masih main sih, tapi udah tau waktu dan batasan. Udah sadar bahwa sekarang masa produktif gue, masa dihabisin untuk hal yang enggak ada manfaatnya untuk gue di masa yang akan datang? Sifat-sifat seperti ini yang dibenci Rasullullah, spending time for nothing.

Kedua sih mungkin ga Sewot lagi ya. 2 tahun lalu jari sama mulut ini enteng banget buat ngatain orang yang menurut gue salah, padahal gaperlu sama sekali. Sekarang udah tercerahkan, hidup-hidup dia ngapain gue yang sewot ya? wkkwkw.

Ketiga, Rajin membaca. Lulus Sma gue gapernah membaca selain membaca update patch terbaru Mobile Legend. Padahal membaca banyak manfaatnya seperti meningkatkan konsentrasi, mengurangi stress, bisa melatih keterampilan berfikir dan masih banyak lagi. Gara-gara liat Guru gembul sama bang Ferry gue jadi penasaran kenapa logika dan cara menyampaikan pesan bisa seperti itu, eh ternyata gara-gara rajin membaca. Habits change into character. Semoga gue ga banyak bacot lagi dan lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.

Mungkin jabaran diatas sudah sedikit menggambarkan tentang perubahan gue dari 2 tahun yang lalu ya. Sekarang gue udah mulai membatasi waktu bermain sosmed 2 jam sehari (Walaupun gue curang untuk nambah 15 menit sampai 10 kali si) tapi at least gue udah ga separah dulu lagi. Udah membatasi bermain game juga. Sekarang gue lebih suka mencari referensi buku, topik bacaan, konten edukasi di Youtube sampai podcast yang berguna untuk menambah ilmu atau wawasan. Youtube kan sosial media juga bang karim?ya memang, tapi fungsi Youtube buat gue untuk cari wawasan bukan sekedar untuk buang-buang waktu aja.

See.







Komentar

Postingan Populer