Day 6 #30DayWritingChallenge

 Find an old photograph that you like and share the story behind it




Ini gue, pas menjadi siswa di salah satu sekolah menengah atas dan ini adalah kegiatan kelulusan sebelum covid-19 menyerang. Sini gue ceritain.

Berawal dari gue yang suka ngedit video dan upload hasilnya di instagram, dan salah satu video gue pernah di repost oleh sudut payakumbuh, seneng banget. Gatau angin darimana gue tiba-tiba disuruh buat pergi ke ruang guru untuk menemui salah satu guru yang ada di sma ini. Kaget sudah pasti, keringat dingin apalagi, gue bertanya-tanya apa yang salah dari gue ya?, kok gue disuruh ke ruang guru? di dalam hati. Lalu gue nothing to lose aja, apa yang bakalan terjadi yaudah terjadilah.

Yaaa, gue sampai di ruang guru, dan disana gue disuruh pergi ke studio sekolah. 

"Misi pak"
"Oooo iya nak silahkan masuk", kata bapak

Nama kamu siapa?, kata bapak
Saye jawab "Bintang pak" 

Oke, ada beberapa orang bilang kamu hobi buat video ya?
Iya, pak.

Oooo, yaudah kamu besok kesini lagi ya, kita akan belajar teknik-teknik foto dan videography.
Okeee pak.
    
Nama guru yang gue temui tadi pak zaki, seseorang yang pernah memenangkan lomba film pendek dokumenter tingkat provinsi sumbar,sumsel dan bengkulu untuk sma ini, jangan lupa dibelakang kemenangan ini ada anak didik yang tak kenal lelah.

Setelah beberapa hari, gue udah bisa make semua jenis camera yang ada disekolah termasuk camera difoto itu. Awalnya bapak zaki mau mengikuti lomba lagi, dan gue disuruh untuk membuat video yang telah dibuat naskahnya sama pak zaki. Setelah beberapa hari, video pertama yang akan kami ambil adalah sunrise dan di ambil di dekat bukit yang ada di rumah pak zaki, kami berangkat subuh tapi malamnya kami pesta durian dahulu. Pergi subuh dan menunggu sunrise nya naik, eh ternyata gagal karena cuaca pada hari itu ga cerah, tapi ya mau gimana juga belum rezeki.

Beberapa hari berlalu gue semakin mahir menggunakan camera, dan sering di suruh untuk foto-foto acara yang ada di sekolah waktu itu, seperti seminar, upacara bendera,acara guru dan enaknya gue gausah masuk kelas dan pas selese acarnya gue dikasi nasi, alhamdulillah rezeki anak sholeh wkwkkw.

Beberapa bulan pun berlalu, tau ga apa yang terjadi?, ya pak zaki lulus pns alhamdulillah, tapi sayangnya harus dipindahkan ke-sekolah lain. shock cokkkkk, kenapa tiba-tiba?, ga ada angin ga ada ujan, dan akhirnya gue gajadi mengikuti lomba karena pak zaki pindah:( sedih banget. Terimakasih pak karena sudah mengajarkan gue menggunakan kamera yang ada disekolah dan dipercaya untuk selalu mengambil moment yang ada di sekolah ini.

Lanjut, foto di atas adalah pekerjaan pertama gue sebagai seorang foto and videografer sekolah, pak zaki belum pindah untungnya, kalau udah pindah mungkin foto-foto perpisahan bakal ga terurus. Selain itu gue gugup pake banget dan bertanya-tanya ,kalo hasilnya gabagus gimana?,kalo gagal gimana? ga ada kenang-kenangan untuk mereka dong?. Tapi dengan percaya diri dan bantuan dari bapak zaki akhirnya acara kelulusan itu alhamdulillah gue selesain dengan cukup memuaskan. Gue ga sendiri ya, ada rekan satu lagi yang bernama kamal.


Nah, tepat disebelah gue, itu adalah pak zaki, yang tegas dan disegani oleh semua orang disekolah, tak lupa juga dia adalah mentor paling berjasa bagi gue.

Beberapa bulan setelah kelulusan, pak zaki akhirnya pindah tugas dan gue serta kamal yang mengurus studio yang di tinggalkannya di sekolah.

Beberapa hasil :
kepsek paling cool








Mungkin terlihat biasa saja, tetapi bagi gue ini udah cukup kok, pada waktu itu.


Ya, itulah cerita dibalik foto itu, fun fact gue pernah disuruh jadi fotographer untuk acara nikahan anaknya kepala sekolah waktu itu dan diberi duit wkwkw, alhamdulillah rezeki lagi, itu adalah pengalaman yang luar biasa.

Mungkin cukup segitu saja, terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca ini.























Komentar

Postingan Populer